background img

The New Stuff

Tips Perlindungan Seorang Chef di Dapur

Tiap-tiap profesi pasti mempunyai pekerjaan yang tidak sama sesuai sama bagiannya. Demikian perihal baju yang dipakai akan tidak sama karena sesuai dengan bagian pekerjaan. Seperti satu diantaranya profesi seseorang chef yang bekerja di dapur, sudah pasti akan tidak sama dengan baju dan atribut yang dipakai oleh akuntan yang kenakan pakaian khas kantor.

Seseorang juru masak ataupun chef begitu mengutamakan kebersihan dan keselamatan dalam bekerja. Profesi ini dituntut untuk memproses hidangan dengan cara higienis dalam keadaan sanitasi perlengkapan maupun ruangan yang baik. Diluar itu, aspek keselamatan bekerja penting juga dipahami dan ditempuh oleh seseorang chef karena bagian ini lekat dengan beberapa piranti yang mempunyai kemungkinan kecelakaan kerja yang cukup tinggi.

Untuk mensupport pekerjaan seseorang chef, kelengkapan atribut yang dipakai telah jadi standard yang butuh diaplikasikan baik lingkup dapur restoran maupun hotel. apabila seseorang chef sekurang-kurangnya memakai seragam standard seperti, hat cook, necktie, double breasted jacket, apron, side towel, trousers dan sepatu safety online.

Hat cook jadi satu diantara ciri khas seseorang chef. Awal mulanya hat cook berwarna putih dengan bentuk seperti tabung maupun jamur dan mempunyai pori-pori di bagian atas untuk aliran hawa. Bentuk hat cook yang tinggi tunjukkan posisi seseorang chef dan umumnya yang kenakan yaitu executive chef. Bersamaan perubahan zaman, design, bentuk dan warna hat cook juga beragam, namun masih tetap mempunyai manfaat paling utama, yakni menghindar rambut rontok dan jatuh ke pada makanan dan menyerap keringat di dahi. Bahan yang dipakai pada hat cook dapat berbentuk kertas maupun kain katun. Hat cook yang di buat dari kertas umumnya hanya sekali gunakan. Atribut lain yang dipakai chef yaitu necktie (dasi/syal) yang melingkar di leher dan dipakai untuk menyerap keringat di sekitaran leher supaya tak menetes ke makanan. Tetapi sekarang ini pemakaian necktie sesuai sama design double breasted jacket (pakaian koki). Saat ini necktie sedikit dipakai karena umumnya design kerah pakaian chef telah menutupi leher dan segera menyerap keringat. Perhatikan juga alat-alat yang riskan dengan kecelakaan atau benda-benda yang gampang terbakar. Letakkan benda yang gampang terbakar dari kompor seperti minyak atau gas, Pakai bahan bakar berkualitas untuk kurangi kecelakaan kerja.

Keadaan dapur yang panas pasti membutuhkan baju yang nyaman dipakai dan gampang menyerap keringat. Double breasted jacket jadi baju harus seseorang juru masak, baju ini di desain berlapis dibagian dada, berlengan panjang dan di buat dari kain katun yang agak tebal membuat perlindungan dada dari panas api, makanan atau cairan yang menyiram badan. Sama dengan design hat cook, pada double breasted jacket juga alami pergantian dari mulai design, motif hingga warna. Double breasted jacket dianjurkan berwarna putih supaya dapat diliat seberapa jauh seseorang chef melindungi kebersihan seragam dan atributnya sepanjang bekerja. Demikian perihal trousers atau celana panjang yang dipakai chef. Trousers mesti di buat dari kain yang gampang menyerap keringat dan memilih warna gelap supaya tak tampak kotor.

Apron atau kerap dimaksud celemek, harus dipakai oleh chef dengan maksud membuat perlindungan jacket dan trousers dari kotoran. Sama dengan double breasted jacket yang beragam warna, apron juga bukan sekedar berwarna putih namun umumnya ikuti dengan warna baju yang dipakai. Panjang apron diupayakan hingga lutut dan lebar, supaya celana terlindung dari kotoran. Supaya tangan seseorang chef terbangun kebersihannya, sehelai side towel mesti senantiasa ada dan disisipkan di pinggang. Side towel umumnya di buat dari kain yang tebal dan gampang menyerap air.

Pekerjaan seseorang chef banyak bertemu segera dengan kecelakaan kerja, seumpama terpeleset karena lantai basah dan licin, terlindas roda troli maupun kejatuhan barang berat. Satu atribut lagi yg tidak dapat dilupakan yaitu sepatu safety. Sesuai sama namanya, safety shoes dipakai membuat perlindungan kaki dari peluang kecelakaan kerja di dapur. Sepatu ini mempunyai basic berbahan karet tebal supaya tak gampang slip dan di bagian atas dilindungi besi baja yang dilapis dengan kulit, supaya kaki aman dari kejatuhan benda berat.

Semua atribut mesti dijaga kebersihannya sehari-hari. Umumnya di hotel, atribut seperti necktie, double breasted jacket, trousers, maupun apron di-laundry sehari-hari dan karyawan senantiasa memakai baju yang bersih sehari-hari. Dengan memakai baju yang diseragamkan pastinya akan memberi dampak positif baik untuk pemakai maupun orang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts