background img

The New Stuff

Tips Menciptakan Lingkungan Kerja yang Aman


Membuat lingkungan kerja yang aman dengan aktif mengidentifikasi kemungkinan dan mengambil semuanya aksi mencegah yang dibutuhkan sebelumnya keadaan jadi lebih jelek adalah langkah awal dalam menangani bahaya di tempat kerja. Pekerja, atau yang dikenal sebagai sumber daya manusia yakni aset yang paling bernilai untuk perusahaan. Mengaplikasikan program K3 yakni ketetapan menghemat cost untuk perusahaan. Membuat lingkungan kerja yang aman bisa tingkatkan semangat kerja karyawan yang pada gilirannya akan tingkatkan produktifitas, efisiensi, dan keuntungan untuk perusahaan. Nilai-nilai dalam membuat lingkunga kerja yang aman meliputi rencana, prinsip, komunikasi, refleksi, penilaian dengan cara berkala dan perbaikan terus-menerus.

Tidak ada yang dapat menyanggah dengan fakta mengenai pentingnya keselamatan kerja. Namun kerap berlangsung lewat cara tak disengaja kita mengabaikannya, meninggalkan pekerja dan orang lain ditempat kerja yang mempunyai kandungan kemungkinan. Apakah anda bekerja di satu gudang, kantor atau di lapangan, maka lingkungan kerja yang aman begitu penting karena tiap-tiap karyawan mempunyai hak untuk bekerja di mana keselamatan dan kesehatannya tak terancam.


Kita kerap mendengar tentang berita kecelakaan kerja yang berlangsung di satu perusahaan karena kelalaian belaka. Walaupun tidak mungkin untuk mengontrol tindakan tiap-tiap karyawan yang bekerja di tempat kerjanya namun dibutuhkan pelatihan keterampilan membuat perlindungan dirinya dari bermacam sumber bahaya. Pendekatan untuk keselamatan di tempat kerja yang membawa hasil yang baik dan berikan peran pada semuanya karyawan yakni ;

- Prinsip manajemen yang kuat pada pemeliharaan dan menambahkan perilaku K3 dalam tiap-tiap tindakan individu pada tingkat manajemen.
- Berkomunikasi lewat cara terbuka pada manajemen dan karyawan tentang semuanya sisi keselamatan di tempat kerja.
- Menerapkan budaya umpan balik lewat cara terbuka pada karyawan untuk tumbuh, belajar dan berkepanjangan dalam menggerakkan program K3 di tempat kerjanya. - Perusahaan mesti membuat budaya mempromosikan K3 ditempat kerjanya, melatih karyawan tentang cara membuat perlindungan diri dari bermacam bahaya, membuat lingkungan kerja yang aman untuk aset yang paling bernilai yaitu karyawan.
- Responsibility of Safety - Safety yakni tanggungjawab berbarengan
- Safety yakni budaya yang menyebabkan tingkah laku
- Safety tidaklah hanya program, tetapi pembangunan budaya (safety culture)
- Safety berupa multidisiplin
- Persoalan Keselamatan keduanya sama terkait antar semuanya faedah umpamanya sistem pelatihan dan pembinaan, jaminan sosial, sistem jam kerja, prosedur, peralatan kerja (baju keselamatan atau sepatu safety), pemeliharaan tempat kerja, sistem pengawasan dan penilaian dan lain-lain.


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts