background img

The New Stuff

Menghadapai Persaingan Bisnis Sepatu

Mengawali usaha baru memang bukanlah perkara yang gampang, beragam tantangan dan persaingan pasar ikut memberi warna perubahan suatu usaha. Dalam menggerakkan usaha, ada persaingan pasar memang bukan hal yang baru. Baik usaha yang memang memiliki kesempatan pasar cukup bagus, maupun kesempatan usaha yang pasarnya tidak terlalu bagus. Bagus atau tidaknya kesempatan usaha di sini pastinya kita ukur dengan tingginya keinginan pasar.

Oleh karenanya, banyaknya perkembangan usaha saat ini, nyatanya sukses membuat persaingan pasar yang makin ketat. Kondisi ini sudah pasti memaksa beberapa entrepreneur untuk memakai beragam cara dalam langkah pemasaran mereka. Banyak langkah yang mereka kerjakan agar usahanya tak kalah berkompetisi dengan kesempatan usaha yang lain, hingga masih dapat bertahan bahkan juga berkembang ditengah persaingan pasar yang makin ramai.

Untuk tahu bagaimana caranya hadapi persaingan pasar? Berikut kami berikan sebagian tips yang dapat Anda pakai, untuk memenangkan pasar.

- Amati pasar dan ketahui kompetitor Anda. Dalam hadapi persaingan, lebih dahulu lihatlah potensi pasar yang ada. Dan mencari tau siapa kompetitor yang kompeten saat ini, hingga Anda tak salah langkah dalam memastikan kiat. Dengan tahu siapa kompetitor Anda, otomatis memastikan bagaimana cara menghadapinya.
- Buat product yang berbeda. Dengan membuat product yang unik dan belum ada dipasaran, maka product Anda memiliki nilai plus dimata customer. Product yang unik dan berbeda, memiliki ciri khas khusus dan daya tarik sendiri untuk beberapa customer. Hingga mereka lebih mengetahui product Anda, dan pilih product itu dibanding product yang lain yang ada dipasaran.
- Tonjolkan kelebihan product Anda. Pusatkan diri untuk lebih menonjolkan kelebihan product Anda, misalnya melalui cara menjaga kwalitas product atau service sempurna yang sampai kini Anda tawarkan pada customer. Hingga kesetiaan customer pada product Anda, akan makin bertambah.
- Tekuni keunggulan dan kekurangan kompetitor. Dengan langkah tersebut Anda dapat tahu ilustrasi hadapi persaingan pasarkelebihan apa yang dimiliki kompetitor Anda, dan memakai kekurangan kompetitor sebagai kesempatan untuk memenangkan persaingan pasar. Buat product yang tidak di ciptakan kompetitor Anda, atau berikanlah service yg tidak disiapkan oleh kompetitor Anda. Sebab dengan tawarkan apa yg tidak dipunyai kompetitor, maka kesempatan Anda untuk memenangkan pasar makin terbuka.
- Tawarkan harga yang berkompetisi. Memberi harga yang berkompetisi, bukanlah berarti Anda harus turunkan harga dan memperbesar kerugian usaha Anda. Kiat ini dapat Anda lakukan melalui cara, memberi bonus untuk pembelian spesifik. Misalnya apabila kompetitor Anda jual product dengan harga yang lebih murah, maka untuk menghadapinya Anda dapat tawarkan bonus “beli 2 gratis 1”. Jadi harga product Anda masih dapat berkompetisi, tanpa harus turunkan harga dengan mencolok.
- Buat momen untuk mempromosikan product Anda. Langkah tersebut masih sering dipakai beberapa pelaku usaha, karena ketertarikan customer untuk berburu beberapa barang potongan harga masih begitu tinggi. Saksikan saja moment potongan harga besar-besaran sepatu dan sandal merk crocs, yang tahun 2010 ini sukses membuat diantara pusat perbelanjaan di Jakarta penuh antrian customer.

Mudah-mudahan sebagian tips di atas, dapat menolong menghadapi persaingan pasar yang sampai kini jadi masalah usaha Anda. Selalu lakukan inovasi untuk membuat kiat pemasaran untuk usaha Anda. Selamat coba dan salam sukses.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts